Kepulauan Seribu, sesuai dengan Pasal 32 Undang-undang Nomor 34 Tahun 1999, merupakan bagian dari Kotamadya Jakarta Utara yang ditingkatkan statusnya menjadi Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu dengan tujuan guna meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat, serta pengelolaan Kepulauan Seribu yang ksemuanya terdiri atas 110 Pulau dalam segala aspek diantaranya kelestarian lingkungan, konservasi sumber daya alam, ekonomi, kesejahteraan rakyat dan sosial budaya.

Selanjutnya, guna terwujudnya peningkatan status Kecamatan Kepulauan Seribu menjadi Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, ditetapkanlah Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 55 tahun 2001 tentang Pembentukan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.

Disamping itu dalam rangka memberikan pelayanan pemerintahan yang optimal kepada masyarakat Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu ditata menjadi dua Kecamatan yaitu Kecamatan Kepulauan Seribu Utara yang terbagi atas 3 Kelurahan dan Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan yang terbagi 3 Kelurahan.

KABUPATEN ADMINISTRASI KEPULAUAN SERIBU

Kepulauan Seribu adalah sebuah kabupaten administrasi di Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia. Wilayahnya meliputi gugusan kepulauan di Teluk Jakarta.

Pusat pemerintahan kabupaten ini terletak di PULAU PRAMUKA yang mulai difungsikan sebagai pusat pemerintahan kabupaten Kepulauan Seribu sejak tahun 2003. Terdapat dua Kecamatan di Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu yakni Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan dan Kecamatan Kepulauan Seribu Utara.

Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan membawahi tiga kelurahan yaitu

Kelurahan PULAU TIDUNG
Kelurahan PULAU PARI
Kelurahan PULAU UNTUNG JAWA.

Kecamatan Kepulauan Seribu Utara membawahi tiga kelurahan juga yaitu

Kelurahan PULAU KELAPA
Kelurahan PULAU HARAPAN
Kelurahan PULAU PANGGANG

Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu ini mempunyai jumlah penduduk lebih kurang 20.000 jiwa yang tersebar di sebelas pulau-pulau kecil berpenghuni. Kesebelas pulau tersebut di antaranya :

PULAU UNTUNG JAWA
PULAU PARI
PULAU LANCANG
PULAU TIDUNG BESAR
PULAU TIDUNG KECIL
PULAUPRAMUKA
PULAU PANGGANG
PULAU HARAPAN
PULAU KELAPA
PULAU SEBIRA
PULAU PAYUNG BESAR

Selain pulau-pulau berpenghuni, terdapat pula beberapa pulau yang dijadikan sebagai pulau wisata,

PULAU PELANGI
PULAU PUTRI
PULAU SEPA
PULAU AYER
PULAU MACAN
PULAU PANTARA
PULAU KOTOK BESAR
PULAU BIDADARI
PULAU ONRUST
PULAU MATAHARI

Di wilayah kabupaten Kepulauan Seribu ini terdapat pula zona konservasi berupa taman nasional laut yang diberi nama Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu (TNKS). Sebagai daerah yang sebagian besar wilayahnya terdiri dari perairan dan di dalamnya juga terdapat zona konservasi, maka layak bilamana pengembangan wilayah kabupaten ini ditekankan pada pengembangan budidaya laut dan pariwisata. Kedua sektor inilah diharapkan menjadi prime-mover pembangunan masyarakat dan wilayah Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu.

POSISI GEOGRAFI

Kepulauan Seribu terdiri dari pulau-pulau karang sebanyak 110 buah dengan total luas wilayah daratan sebesar 8,7 km. Posisinya secara geografis adalah pada 524 - 545 LS dan 10625 - 10640 BT dengan luas 1.180,8 hektaree (11,8 km). Temperatur sepanjang tahun umumnya berkisar antara 21 C-32 C dengan kelembaban udara rata-rata 80%.

PULAU TUJUAN WISATA

Semakin jauh pulau tujuan wisata dari Teluk Jakarta, semakin bersih pula pantai dan laut sekitarnya. Berikut ini adalah daftar pulau-pulau yang sudah dikembangkan menjadi pulau resor:
Wisata Pulau Pelangi

Pulau Pelangi termasuk satu gugusan dengan PULAU PUTRI, PULAU PETONDAN, PULAU SEPA dan PULAU MELINJO di kepulauan seribu. Jarak tempuh pulau ini dari Pantai Marina sekitar 90 menit. Di pulau ini tersedia pondok wisata juga restoran terapung. Pulau Pelangi ini merupakan tempat kegemaran para wisatawan dari Jepang. Pasangan pengantin baru dari Jepang biasanya memilih pulau ini sebagai tempat bulan madu mereka. Bahkan, perusahaan penerbangan Jepang - Japan Airlines (JAL), mengatur paket liburan tersendiri ke Pulau Pelangi ini.
Wisata Pulau Puteri

Pulau Putri yang didirikan tahun 1973 ini, telah menjadi pelopor dikepulauan seribu. Pulau Putri memiliki Tunnel Aquarium, Kolam Renang, Tampilan Aquarium, Terarium, Lapangan Tenis, Glass Bottom Boat, Sunset Cruise, hingga fasilitas outbound di pulau putri. Lokasi Pulau Putri ini sangat berdekatan dengan Pulau Pelangi dan Pulau Sepa.
Wisata Pulau Ayer

Pulau Ayer dijuluki sebagai Mutiara Kepulauan. Luasnya kurang dari sepuluh hektar, letaknya berdekatan dengan Pantai Marina, Ancol dan dapat dicapai dalam waktu 30 menit saja dengan kapal motor. Pulau ini mulai dikunjungi sejak tahun 1950. Bahkan semasa hidupnya, mantan Presiden Sukarno menjadikan Pulau Ayer ini sebagai tempat peristirahatannya. Mantan Presiden Sukarno juga pernah mengajak mantan Presiden Tito dari Yugoslavia dan mantan Sekretaris Jenderal PBB, U Nu, berkunjung ke pulau ini.
Pulau Pantara Barat dan Pantara Timur

Pulau Pantara Barat dan Timur terkenal sebagai tempat ideal untuk menyelam dan snorkeling. Pulau yang jaraknya sekitar 2 jam dari Marina Ancol ini dulunya dikenal sebagai Pulau Hantu. Pengembangan pulau Pantara pernah dilakukan pula oleh perusahaan penerbangan Jepang.
Wisata Pulau Sepa

Pulau Sepa memiliki pasir pantai yang berwarna putih, air laut yang bening, dan pantai yang landai. Pulai ini merupakan tempat latihan menyelam bagi penyelam pemula untuk mendapatkan open water certificate.

Pulau Sepa di kepulauan seribu merupakan pusat penangkaran Penyu Sisik (Eretnochelys imbricata) yang bentuk mulutnya menyerupai paruh burung.
Wisata Pulau Kotok

Pulau Kotok merupakan contoh pulau atoll tropis dengan vegetasi yang masih asli, laut yang jernih dan formasi batu karang berwarna-warni sehingga menjadi tujuan utama para penyelam. Pulau ini juga sebagai tempat konservasi burung Elang bondol yang menjadi maskot provinsi DKI Jakarta di Kepulauan Seribu.
Wisata Pulau Kahyangan

Salah satu pulau di kepulauan seribu adalah PULAU KAHYANGAN disebut juga Pulau Cipir. Pulau ini merupakan salah satu pulau di Kelurahan UNTUNG JAWA, yang mulai ditata sebagai tujuan wisata. Di pulau ini terdapat sebuah benteng yang dibangun oleh Belanda pada zaman VOC. Di Pulau ini terdapat sumber air tawar yang jernih dan bersih. Perjalanan ke Pulau Kahyangan bisa ditempuh dengan perahu motor yang memang disediakan untuk melayari rute Pantai Marina, Ancol, ke Pulau Kahyangan.
Wisata Pulau Bidadari

Letaknya berdekatan dengan Pulau Kahyangan, Pulau onrust, Pulau Kelor. Luasnya hanya beberapa kilometer persegi dan untuk mengelilinginya dengan berjalan kaki hanya dibutuhkan waktu satu setengah jam. Di Pulau ini terdapat peninggalan Portugis, yaitu sebuah benteng yang terbuat pada abad ke 17 (Benteng Martello). Pulau ini, pada zaman Belanda, dijadikan sebagai pulau karantina. Untuk sampai ke pulau ini hanya dibutuhkan waktu sekitar 30 - 45 menit dengan kapal motor yang secara rutin melayari trayek pantai Marina ke dan dari Pulau Bidadari.

GARUDA ADVENTURE
Jl. Kemuning V Blok M 9, Bekasi - INDONESIA
Telp : 021.83600663
Email : marketing@garudaadventure.com
www.wisatakepulauan.com